5 Makanan Klasik Khas Zagreb untuk Perkaya Wawasan Kuliner

Zagreb merupakan kota terbaik negara Kroasia dengan masakan khas Mediterania. Walaupun begitu maju, Zagreb tetap mempertahankan makan tradisionalnya dari generasi ke generasi. Dengan travel insurance Indonesia, pengalaman berwisata kuliner Anda di Zagreb jadi lebih leluasa. Sebelum pergi ke sana, inilah 5 makanan klasik yang harus Anda cicipi.

1. Sir i vrhnje

Setiap saat, lagu tentang Janko dari Kabupaten Zagorje akan berbunyi seiring perkenalan para turis dengan sir i vrhnje. Uniknya, saat terdengar lagu ini, mereka yang hendak ke Zagreb jadi lebih ingin cepat-cepat sampai. Entah apa resepnya kok bisa seperti itu. Usai menjejakkan kaki di Zagreb, pemandangan tentang pondok keju dan krim asam pun tersaji.

Kalau di Zagreb, pondok keju dan krim asam dikenal dengan nama sir i vrhnje. Makanan tersebut berhasil menjadi simbol masakan khas Kabupaten Zagorje dan Zagreb. Pemandangan dengan orang-orang membawa keju di keranjang akan sering terlihat di sana. Makanan ini bisa ditemukan di sepanjang Kabupaten Zagorje.

2. Strukli

Kalau makanan tadi terdiri dari 2 jenis, maka strukli yang akan mewakili keduanya. Soalnya strukli merupakan adonan yang diisi dengan keju plus krim masam. Rasanya akan saling membaur dan menjadi makanan yang benar-benar baru. Setiap orang yang makan di Zagreb hampir tidak pernah meninggalkan strukli.

Anda pun bisa membawa makanan ini dengan mengemasnya terlebih dahulu. Walau agak lunak, tapi tetap awet dibawa terbang ke Indonesia untuk oleh-oleh. Lebih bagus lagi sih kalau Anda berhasil mendapatkan resep rahasianya. Tempat yang bisa dikunjungi untuk menikmati strukli ada di La Struk. Makanan selain strukli juga ada di sana.

3. Cuspajz

Jika selama ini Anda hanya kenal pusat gulai ada di Jogja, cobalah sekali-kali ke Zagreb. Dengan bekal travel insurance Indonesia, selalu jadi solusi untuk memenuhi kebutuhan mendadak Anda selama berada di Zagreb. Gulai di kota ini dikenal dengan nama cuspajz. Isinya seputar paduan antara sayuran dengan daging dalam balutan pesona gulai.

Buat Anda yang vegetarian, tetap bisa mencoba kuliner khas Zagreb ini. Begitu pula untuk Anda yang ingin tetap menjaga makanan daging, tapi rendah lemak. Cuspajz acapkali dimasak dalam ukuran besar. Kalau diaplikasikan dalam masakan keluarga, masih bisa awet sampai beberapa hari. Tempat favorit untuk menikmatinya ada di Mount Medvednica.

4. 505 S Crtom

Makanan ini tentu berbeda dengan sebelumnya karena berbentuk permen khas Kroasia. Permen ini cukup sulit didapatkan untuk yang baru pertama kali ke Zagreb. Sepintas, tidak ada bedanya dengan permen lain. Tapi begitu dirasakan, terdapat perbedaan besar antara permen masa kini dengan permen bergaya kuno.

505 s crtom yang dimakan bisa mengingatkan Anda pada masa-masa kecil. Kesan itu akan tercipta ketika lidah kita melakukan kontak dengan permen yang dibalut dengan kristal berwarna penuh. Bila ingin menjadikan 505 s crtom sebagai oleh-oleh, bisa saja. Jika beruntung, Anda juga berkesempatan mendapatkan resep untuk membuatnya.

5. Knedli

Bentuknya mungkin tidak seberapa, tapi rasanya sungguh nikmat. Knedli terbuat dari kentang manis yang digoreng bersama tepung kriuk. Kadang-kadang dipadukan dengan buah prem atau aprikot. Anda mungkin berpikiran, bahwa makanan ini dijual di tempat umum. Kenyataannya tidak. Rata-rata dibuat oleh ibu rumah tangga. Jadi, jangan lupa bertamu.

Makanan khas Zagreb di atas enak-enak, kan? Zagreb memang menjadi salah satu kegiatan masyarakat di Kroasia. Negara yang hampir tidak pernah absen masuk rekomendasi tempat wisata ini selalu disinggahi turis tiap harinya. Jika Anda khawatir uang hilang, habis, dan sebagainya, langsung saja klaim travel insurance Indonesia yang sudah terbeli.